Pages

Selasa, 20 Agustus 2013

Cangkang Kerang

#CeritaDariKamar Hari Keduapuluh

Di kamar saya terdapat 3 pajangan cangkang kerang, ketiganya memiliki bentuk yang berbeda dan warna yang serta corak yang berbeda pula.
Saya tidak ingat, bagaimana mulanya ketiga cangkang kerang itu bisa menjadi pajangan di kamar saya. Mereka tetap setia terpajang di atas rak buku, tak keberatan meski pun kadang terpaksa berselimutkan debu.

Setiap kali menengok ke mereka, seringkali memunculkan selintas kenangan ataupun sebersit ingatan. Bahkan sederet keinginan.

Waktu kecil saya senang mengumpulkan cangkang kerang.. Cangkang kerang yang saya dapatkan tak pernah ada yang sebesar si Trio Pajangan. Dulu, saya ingat sekali membawa mereka semua pulang dan memberikan mereka tempat tinggal baru di dalam meja ruang tamu saya.
Meja ruang tamu saya memiliki laci, yang berisi pasir dan beberapa cangkang kerang hiasan.
(Apa itu kampung halaman si Trio ya? Saya lupa.)

Selain itu, saya pun suka memainkan pasir di dalam meja tersebut. Dulu saya iseng, mengubah sebagian pasir di sana menjadi berwarna merah jambu, saya campurkan dengan Kapur Berwarna yang dihaluskan lalu saya siram dengan air dan dikeringkan.
(Sebenarnya, saya tidak mengingat jelas bagaimana cara saya mewarnai pasir-pasir itu.)

Saat saya kecil rasanya sulit untuk membuat tangan dan kaki saya bisa diam, kecuali ketika Episode Kartun Spongebob ditayangkan atau Majalah Bobo edisi terbaru sudah Bapak berikan.
Tapi yang tidak berubah dari saya yang dulu dan sekarang adalah.. Saya suka pantai.

Pantai dengan butiran pasir yang halus, air laut yang tenang dengan deburan merdu ombak, juga  kedatangan senja si Telur Ceplok nan Elok.
Berenang, bermain dengan air laut- sesekali tanpa sengaja mencecap rasa asinnya di lidah.
Berbaring di atas pasir, mendengar gemerisik angin menyapa pohon kelapa sesekali berlomba suara dengan debur ombak- membiarkan matahari dengan teriknya bersentuhan dengan kulit.
Berjalan santai di sepanjang garis pantai, mencari cangkang-cangkang kerang- menanti senja datang.

Dengan membayangkannya pun saya merasa nyaman.

...

Hari keduapuluh. Saya menyelesaikan sebuah karangan tentang Trio cangkang kerang.

Earth and sky, woods and fields, lakes and rivers, the mountain and the sea, are excellent schoolmasters, and teach some of us more than we can ever learn from books.
-John Lubbock-



Tyas Hanina

0 komentar:

Posting Komentar