Pages

Selasa, 08 Mei 2018

ramalan

penghujung tahun lalu, aku iseng beli majalah bekas di perjalanan pulang usai ngampus.
aku lupa nama medianya apa, yang jelas segmentasinya untuk remaja putri, dan tahun terbitnya kira-kira 5 tahun lalu.

salah satu ramalan bintangku (aku scorpio kalau kamu butuh untuk tau) bilang begini:
tahun depan, bersiaplah, akan ada banyak kejutan menantimu.

haha, klise ya? khas banget ramalan majalah yang menggantung- dan universal karena sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja. tidak peduli zodiakmu kuda atau timbangan atau cicak sekalipun.

(aku jadi teringat, salah seorang temanku yang harus membuat rubrik zodiak di majalah kampus pernah melakukan ini: seharian itu dia sibuk menelpon orang-orang dari ragam zodiak yang ada. dia juga bertanya kepadaku yang sedang makan siomay di sebelahnya tiba-tiba, "yas, akhir-akhir ini keuangan gimana?"
haram hukumnya membicarakan keuangan seseorang tanpa ada niatan membantunya. dari situlah, aku menarik kesimpulan bahwa ramalan bintang sebenarnya hanyalah bualan belaka)

-

aku sering sekali meromantisasi bintang. atau apapun yang berhubungan dengan langit.
mulai dari benang layangan yang nyangkut di tiang listrik sampai jejak pesawat di awan.
aku rasa, langit memang pantas mendapat perlakuan manis seperti itu.

meski, seperti yang kukatakan di atas- ramalan bintang mungkin hanya bualan. tapi rasanya kita (agak) membutuhkannya?
manusia sepertinya senang sekali ditebak-tebak. prediksi yang tidak pasti membuat hati kita terasa lebih ringan, dan ada sesuatu yang kita nantikan esok hari.
padahal, kalau dipikir ulang secara rasional- untuk apa sih kita tau apa warna keberuntungan kita minggu itu atau lebih jauh lagi urusan percintaan yang menyangkut perasaan seseorang yang entah bagaimana?


tahun depan, bersiaplah, akan ada banyak kejutan menantimu.

kata-kata yang baik akan selalu mendapat porsi tersendiri di ingatanku. salah satunya ramalan bintang dari majalah ini.
sejak tahun lalu, aku sudah bersiap untuk si kejutan mendekat. tidak ada sekat antara segala kemungkinan yang terjadi. baik atau buruk

kemudian, aku memutuskan untuk menulis catatan singkat ini karena aku merasa ramalannya tepat.
bualan ini perlahan-lahan beralih jadi buaian.



Jatinangor,


Tyas Hanina


P.S tau gak, bintang yang kamu lihat hari ini sebenarnya sudah mati dari jutaan tahun lalu?

0 komentar:

Posting Komentar