Pages

Senin, 17 Agustus 2015

Putih Abu-Abu

Halo semuanya!

Sudah lama sekali tidak memberikan kabar apapun di blog ini.

Ada banyak sekali kejadian. Yang rasanya ingin gue abadikan.
Salah satunya, adalah bagaimana berlalunya 3 tahun masa SMA gue.
Selama ini, cuma jadi rencana untuk menuliskannya. Kenangan-kenangan tentangnya hanya hidup di kepala gue dan mungkin orang-orang yang melewatinya bersama gue.
Dan malam ini, gue akan coba mengabadikannya melalui tulisan.



Cekidot.

Awalnya..
Gue biasa aja dan sama sekali gak excited waktu masuk SMA ini.
Sebut aja nama sekolah gue, SMA 5. Nama harus disamarkan.
(padahal emang sma 5)
(what is the point nama disamarkan deh yas)




Gue gak gabung grup atau ekstrakurikular apapun di sekolah selama 3 tahun.
Dulu sih pengen masuk jurnalistik atau perpustakaan.
Tapi gua tidak ingin menyia-nyiakan hari sabtu gue untuk datang ke sekolah.

Kek gimana ya, gak ada hal yang bener-bener menarik perhatian gue.
Lalu gue mengingat apa yang orang-orang sering katakan, bahwa masa SMA adalah masa yang paling indah.
Jadi, karenanya..
Gue mencoba untuk menikmati setiap hal yang terjadi di masa putih abu-abu gue.

Nikmatin aja.
Mungkin prinsip gue sekolah cuma sesimpel itu.

Ya, nikmatin aja buat ngadepin semuanya.
Tugas yang menjemukan, guru yang menyebalkan, teman yang menjengkelkan.
Upacara 2 minggu sekali, kepala sekolah yang sangat jarang kita temui, makanan kantin yang gak bervariasi.

Dan ya, apa yang orang-orang katakan itu benar.
Gue gak perlu untuk terus mencari hal yang menarik buat gue nikmati.
I just have, to appreciate everything.

Wajah yang lo lihat 5 hari seminggu.
Mulai dari..
Wajah temen sebangku lo.
Ketua kelas lo.
Orang yang sering berantem sama lo di kelas.
Guru favorit lo.
Penjaga gerbang (herjunet ali).
Your secret crush.
Mantan lo (kalo ada).
Pacar lo (kalo masih).
Pacarnya mantan lo (kalo ada dan masih).

Semua percakapan yang pernah terjadi.
Mulai dari..
Keluhan-keluhan yang kayanya dulu tuh bikin kepala pusing, tapi kalo diinget-inget sekarang sama sekali gak penting.
Gosip tiga angkatan. Bikin dosa sih, tapi seru. Gimana tuh?
Ngomongin boke*. Ih jorok ah makanya aq sensor. Boker maksudnya kok.
Curhatan-curhatan labil. Tentang percintaan, keluarga, dan lain sebagainya.
Omongan kita tentang mimpi yang keknya sih ketinggian tapi ada kemungkinan kejadian.

Jokes-jokes receh yang pernah lo denger.
Atau lo katakan.
Mungkin beberapa dari itu kedengerannya bodoh dan childish.
Tapi lelucon-lelucon yang selalu hadir di ruang kelas inilah yang membangkitkan suasana.
Dan kadang, justru itu yang buat lo lebih “hidup”.
Untuk gak serius-serius amet, untuk at least bikin lo lebih santai.
Nyenderin punggung ke kursi. Pukul-pukul meja kalo emang lucu banget. Lemparin kertas kalo emang jayus banget.
Ketawa sepuasnya.
Admit it.. Lo kemungkinan besar bakal melupakan nilai ulangan mtk lo yang dulu pernah lo tangisin. Tapi lo gak bakal lupa kalo lo pernah ketawa-ketawa sampe sesek napas karena tingkah ajaib temen lo.
Mungkin lo gak sepenuhnya inget hafalan atau rumus yang lo setengah mati pernah pelajarin. Tapi lo bakal inget wajah orang yang dulu pengen lo toyor kepalanya karena udah bikin perut lo sakit karena ketawa.
Cara termudah untuk buat orang suka sama lo adalah dengan membuatnya tertawa. Dan cara tercepat untuk akrab dengan seseorang adalah tertawa bersama.
Untuk kalian, laugh maker. Kalian luwarbiyasah. Pasti kalian yang bakal dicari saat reuni nanti. Percaya sama gue.

Semua potret yang pernah lo ambil.
Yang menuhin galeri ponsel lo, memori laptop lo, dan social media lo.
Oh iya, ada satu advice buat siapapun kalian yang saat ini masih menjadi pelajar sekolah.
Don’t avoid cameras during your years in school or on vacation/holiday.
You might not want to now, but you’ll appreciate it later.
Dan jangan lupa untuk selalu menyimpan foto aib teman, karena itu menghibur sekali!
Gua koleksi. HAHAHAHA.

Singkatnya, semua momen yang pernah tercipta 3 tahun ini.
Gue menghargai semuanya.
Dan sekarang gue jadi semakin merindukannya, seiringan dengan semakin banyaknya huruf yang gue ketikkan di postingan ini.

...

Tahun terakhir gue di masa SMA.
Melelahkan tapi sangat menyenangkan.

Karena gue baru menemukan apa yang dimaksud orang-orang dengan masa terindah ini. Ea.
Atau mungkin bukan menemukan,
Hanya saja karena masanya yang sudah hampir habis.
Gue jadi lebih menghargai apapun yang terjadi.
Dan sadar, di mana sih letak keindahannya.

Semua orang bekerja keras di tahun terakhir. Belajar untuk ujian dan menciptakan kenangan.
Semua tentu pengen hasil ujian yang baik untuk dilihat.
Dan kenangan yang apik untuk diingat.

Semua orang di kelas gue pun begitu...

XII IPS 3!
Gak ada hari tanpa tawa tercipta di ruang kelas ini.

Mulai dari temen sebangku gue yang baper parah. B A P E R  P A R A H.
Tapi baik dan perhatian banget, kalah deh mantan-mantan pacar gue perhatiannya sama ulan.



Seorang lelaki yang konon merupakan suami idaman, dan jadi suami gue (dan 9 orang gadis lainnya) di kelas.
Namanya Satria, panggilannya Sayang.
Gak punya pacar tapi dipanggil sayang tiap hari, enak bener hidupnya.

“Gue mau kerja apa punya istri 10?”
“Ternak hiu.”


Temen-temen barisan gue yang ganjen dan mulut mercon semua. S E M U A.
Grup line kita (isinya gak ada yang penting dan banyak konten dewasa) berganti-ganti namanya.
Mulai dari BTS (tujuan grup buat bahas bts, isinya buat gosip. Pret.) >>> Istri-Istri Satria (diganti karena mantan istri satria, ehm.) >>> GRUP!!! (diganti sama ulan karena apa gitu ya lupa) >>> RUJUK (ceritanya semuanya rujuk sama satria, abis talak tiga.)


Semuanya ngangenin banget!

Waktu itu pernah ada seorang wanita yang menangis di kelas, menangisi mantan pacarnya. Terus diginiin sama 1 orang temen gue, “Yaela pacaran di semak-semak aja, punya anak alang-alang. Gitu aja nangis.”
Gatau apa hubungannya ama alang-alang :’( jadi pengen ikutan nangis dengernya.


Ada juga, yang nangis lagi karaokean lah. Padahal lagunya bahagia, tapi dia mengeluarkan air mata :(
QUIZ : Cari wajah orang yang menangis sehabis menyanyikan lagu TULUS.

Dihukum rame-rame ama Pak Gianto terus malah girang, minta difotoin sama divideoin.


Kasih kejutan ulang tahun, ironisnya orangnya bukan girang kesenengan. Malah kambuh asmanya.
Terus udah tau orang asma, nafas aja susah. Malah disuruh tiup lilin. Bego ya. (Gue yang suruh) (Iya gue bego)


Pernah juga ada yang pesen minyak untuk memperbesar buah dada. HAHAHA.


Ah gila gak penting banget kalo diceritain, tapi ngangenin.

Selain ketemu dengan anak-anak kelas yang asik.
Gue pun akhirnya, gabung grup dan mengerjakan sesuatu untuk sekolah di ujung masa SMA gue...

Rahmat Production

Selama kurang lebih 2 minggu kita berjuang membuat film pendek 5 menit.
Bolos les. Pulang hampir tengah malem. Gak tidur. Satu persatu akhirnya berjatuhan sakit selama proses.
Film pun selesai. Namun hubungan kami berenam tidak usai.

Selera kami berenam yang hampir sama. Mulai dari selera musik, film, dan yang terpenting.. humor!
Ada banyak rencana yang hampir semuanya berakhir wacana.

Kini, semuanya sudah sibuk dengan kehidupan barunya masing-masing.
Agung di Malang, Maul di Serang, Ani di Depok, Alip sedang berjuang menjadi seorang pilot (lip, nebeng ya naik pesawat lu kalo lewat nangor), Rafi di Bandung (entah berapa tahun gue stuck sama makhluk ini).
Tapi tidak menutup kemungkinan, di masa depan kami semua dapat bertemu dan berkumpul lagi. Mewujudkan rencana-rencana yang sampai saat ini masih jadi wacana. Dan mungkin membuat film lagi? J
Aku siap menulis skenarionya. Aihihihi.

Dan karena pengalaman membuat film selama dua minggu bersama mereka, gue jadi semakin tertarik dengan dunia perfilman. Dan gue berencana untuk mengikuti UKM Film juga di kampus. WooohoO.

Selain kelas dan film. Ada satu hal yang menarik sekali untuk dibahas, mengenai apa yang terjadi di tahun terakhir SMA gue.
Kisah asmara gue.
Tapi, karena postingannya udah kepanjangan jadi udahan dulu ya!
(:

...

Besok hari senin, dan 17 agustus.
Jangan lupa siapin dasi, topi, sama gesper.
Cek juga nametag dan lokasi kelas.
Untuk para pria, siap-siap menghadapi Pak Gianto jika rambut anda belum dicukur pendek.
Jangan tidur kemaleman, harus bangun pagi untuk upacara 17an!!

HAHAHA KANGEN.

Sampai jumpa semuanya.
Sukses ya ngejar mimpinya!


Tyas Hanina

0 komentar:

Posting Komentar