Pages

Kamis, 01 Oktober 2015

Bagaimana semestamu?


Ah, halo, selamat malam.
Lama tidak bersua, sekedar melempar salam serta sapa.
“Apa kabar?”  mungkin bukan lagi pertanyaan yang pantas ku lemparkan untuk kau tangkap.
Karena aku ingin tahu lebih dari itu. Lebih dari sekedar kabarmu.

Aku ingin tahu bagaimana semestamu berputar selama tidak ada aku di sana.

Apakah tetap sama?

Tiba-tiba aku teringat kutipan seorang filsuf terkenal.
“Yang hadir itu ada. Yang tidak hadir itu tidak ada. Yang ada tetap selamanya ada.”
Apa kau mengerti maksudnya? Ah itu bukanlah perihal yang krusial pada saat ini. Aku tidak akan memintamu untuk menguraikan penjelasannya, aku tidak butuh bantuanmu untuk pekerjaan rumahku.
Yang terpenting, adalah.. bagaimana kehadiranku berpengaruh pada semestamu?
Aku sangat ingin tahu tentang itu. Aku butuh tahu.

Dengan penuh kesadaran, aku tahu bahwa aku pernah hadir di dalam semestamu.
Pernah ada jejakku di sana, pernah ada sentuhku di sana.
Pernah ada gema suaraku di sana, pernah ada percikan air mataku di sana.
Dan apakah itu kekal? Akankah itu kekal?
Meski kini aku sudah tidak hadir di semestamu.
Tapi, aku pernah ada bukan?

Apakah justru sangat berbeda?

Sehingga ketika senja datang di hari itu.
Kau pun menyadari bahwa semua tak lagi sama.

Dan, aku yakin kau merasa lega.
Karena kini semestamu terasa lebih luas tanpa adaku.
Tentu, aku tahu.
Tak apa, jika kau ingin mengisi semestamu dengan yang lainnya.
Dengan selainku.
Aku rela. Sungguh berlapang dada tentang itu.

Aku angkat kaki. Dan aku tahu, kau hanya mampu memandangi punggungku pergi.
Dan aku tahu bahwa kau tahu, tidak ada yang bisa menahan langkahku menjauh dari semestamu kali ini.

...

Bagaimana semestamu?
Bisakah kau beradaptasi mengikuti putarannya?
Apakah kau menikmatinya, tanpa hadirku di sana?


Tyas Hanina


P.S
Kabar baik untukmu, dan untukku. (Aku tidak akan lagi menyebut kita)
Semestaku berputar dengan lancar, tanpa hambatan.
Malah terasa lebih baik putarannya tanpa hadirmu di sini.
Aku merasa lebih leluasa, bukan sekedar lega.

Dan aku bahagia dengan semestaku yang apa adanya.

0 komentar:

Posting Komentar