Pages

Minggu, 29 Januari 2012

Warna & Langit


Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut (Wikipedia)


Apa yang kamu fikirkan tentang warna?

Kebersamaan? Keindahan? Keunikan? Atau bahkan tak mempunyai arti tersendiri.
Ada beberapa warna yang sangat kita gemari.
Dan warna yang kita gemari itu kadang kita pakai untuk warna barang-barang favorit kita, atau bahkan untuk penggambaran hati kita sendiri.

Gue sendiri sangat menyukai warna biru

putih 

dan juga abu-abu


Dan gue punya formula ajaib untuk menyandingkan ketiga warna itu menjadi dua warna. Dan formula ini, begitu mengandung arti..

Formula yang pertama adalah saat warna biru disandingkan dengan warna putih.
Hal yang pertama gue fikirkan adalah.. Sang langit dan awan.
Juga seragam SMP yg sudah hampir 3 tahun gue kenakan setiap harinya..

Siang itu, Jum'at 27 Januari 2012. Gue mulai gelisah menunggu Fataya memulai pidatonya.
Dan mulai membiarkan mata gue menjelajah kemana-mana.
Gue memperhatikan banyak hal. Dari mulai anak-anak cowo yang sedang sibuk bermain bola. Fataya dan anak-anak lainnya yang sibuk bersiap untuk pidatonya. Dan kembali lagi kepada kebiasaan gue... Memperhatikan gelagat sang awan yang sedang "bercanda" bersama langit.
Panasnya memang cukup terik. Tapi gak menutup kemungkinan, sore hari atau malam nanti akan turun hujan.
Hmm..
Birunya langit, putihnya sang awan dan teriknya matahari siang ini. Mengingatkan gue pada kali pertama gue menatap sang langit di sekolah ini.
Saat itu, hari pertama Masa Bimbingan Siswa (MBS). Gue yang mulai gerah dijemur di lapangan dengan terik matahari yang memuakkan. Mendongak ke langit dan mengeluh dalam hati akan panas matahari saat itu. Dan dengan setengah hati, mendengarkan omelan para kakak-kakak pembimbing MBS..
Warna sang langit juga sang awan tidak berubah. Langit tetap dengan biru teduhnya, Awan tetap dengan putih sucinya, dan Matahari pun tetap gue keluhkan teriknya.
Langit emang gak pernah berubah.
Seragam putih biru ini bahkan mulai memudar warnanya dan mengecil ukurannya. Diri ini pun perlahan-lahan mulai beranjak dewasa.
Gue pun tersenyum. Ketika lagi-lagi langit memberi gue banyak pelajaran dan makna.
Huh. Gue benar-benar jatuh cinta pada langit. Dia memberi gue keberanian untuk menerka-nerka, bermimpi, dan membuat cita-cita.
Gue menoleh kembali kepada anak-anak yang sedang bersiap-siap berpidato. Gue perhatikan mimik wajah dan gerak gerik mereka.
Ada yang sibuk menghafal naskah, ada yang teriak-teriak heboh saking deg-degannya, ada yang cengar-cengir gak jelas, ada yang malah nari piring, ada yang ngejilatin kuah indomie, malah ada yang sibuk menyetrika.
Wah pada sibuk-sibuk banget ya mereka :D
Lagi-lagi gue tertegun, dan fikiran gue berkata..
“Mungkin suatu hari nanti, temen-temen gue yang sedang sibuk pidato ini akan menjadi seorang Orator yang hebat. Yang sibuk meneriakkan kepeduliannya pada bangsa. Dan bukan hanya sekedar berkata-kata...”

Dari dua unsur warna yang gue sukai ini. Gue mendapatkan banyak makna dan pembelajaran.
Gue belajar dari warna biru langit& putih awan, warna seragam yang memudar, dan lain-lainnya.

Lalu bagaimana dengan formula lainnya?
Formula yang satu lagi adalah ketika warna abu-abu disandingkan dengan warna putih.
Putih dan abu-abu.
Seragam SMA. SMA yang gue impikan.
Itu yang terbayang di fikiran gue.
Dan jika dihubungkan dengan langit. Yang gue fikirkan adalah warna langit ketika digelayuti oleh mendung. Mendung yang kata orang berwatak sendu, tapi bagi gue.. Mendung selalu menyimpan keindahan dan maknanya sendiri.

Bukankah setelah kita menunggu mendung reda, atau ketika mendung berubah menjadi hujan yang nyata. Akan ada pelangi yang mengiringinya?


Gue emang belum tau pasti, akan bagaimana warna dan suasana langit juga sekolah gue di SMA nanti.
Akankah sama warna & suasananya?-
Mungkin akan “beda”. Tapi gue yakin sama-sama berwarna.
Cerah atau suramkah warna yang gue dapat. Itu tergantung pada diri gue sendiri.

Hihi. Jadi ngetik sepanjang ini :D
Langit dan warna emang selalu bikin gue lupa diri ketika bercerita maupun bermimpi.
Uhm. Sampai jumpa nanti.
Semoga kita sama-sama mendapatkan warna yang indah dan langit yang cerah yaaa ;;)

0 komentar:

Posting Komentar